selain cerita si bintang

11 Mei 2015

Mendadak Jokpin

Nama Joko Pinurbo alias Jokpin mungkin sudah sering didengar. Tapi saya, jujur saja, nggak tahu persis siapa sih Joko Pinurbo. Sekitar bulan Februari lalu, Mas Gigih ngajak saya ngobrol tentang Conversar Arrupe yang rencananya akan mengundang beberapa alumni USD, termasuk Jokpin. Sejak itu saya pun mencari tahu tentang Jokpin, mengkepo Twitter dan blog beliau, juga membaca hasil wawancara dengan beliau. 

Meski sudah berusaha mengkepo, tapi tampaknya Jokpin adalah sosok yang "misterius". Di suatu Jumat siang yang cerah, saya pun berusaha mencari beliau di Ndalem Tejokusuman, sebuah tempat yang katanya menjadi salah satu tempat nongkrong Jokpin (thanks, Mas Cahyo dan Mas Tama!). Kami nggak ada yang tahu letak Ndalem Tejokusuman. Setelah nyasar dan tanya beberapa kali, akhirnya kami sampai di Ndalem Tejokusuman. Tapi ternyata di sana sepi banget! Ternyata Jokpin nggak setiap hari ke sana, dan nggak bisa diprediksi kapan beliau akan ke sana. Akhirnya kami dikasih tau untuk cari Jokpin di kantor Kompas di Kotabaru, tapi sampai di sana kami pun nggak berhasil menemukan Jokpin. Terus saya coba cari kontak beliau tapi nggak nemu, walau saya udah tanya ke temen yang kerja di Kompas (thanks Kak Mahatma!). 

Beberapa hari kemudian ada info kalo ada acara yang ngundang Jokpin, malam puisi gitu deh, di Indiecology. Dengan semangat 45 saya mengajak dua teman untuk nongkrong sekaligus harap harap cemas bisa ketemu Jokpin (thanks, Masbro dan Tertos!). Sayang seribu sayang, Jokpin nggak ada :( 

Meski gitu, di Indiecology itu saya dapet buku antologi puisi (meski kayaknya nggak resmi), dan saya jatuh cinta sama satu puisi Jokpin berjudul Kamus Kecil. Sejak dari Indiecology itu saya bertekad kudu ketemu Jokpin, mbuh piye cara'ne, biar nggak jadi arwah penasaran :")

Setelah tetep nggak dapet kontaknya Jokpin, saya pun bingung dan mulai agak desperate. Eh tiba-tiba Mas Gigih ngasih tau kalo Jokpin balas DMnya di Twitter dan ngasih nomor hape plus emailnya. Ternyata, hal-hal yang tampaknya nggak mungkin justru bisa jadi jawaban. Dan ternyata lagi, sometimes the answer is the simplest one. 

Setelah saya SMS, ternyata langsung dibalas dan Jokpin langsung mau jadi pembicara di Conversar Arrupe edisi kedua. Sayangnya, pas Jokpin ada acara di Dongeng Kopi, saya nggak bisa dateng dan nemuin beliau. Tapi bayangan mau ketemu Jokpin aja udah bikin saya hepi. 

Beberapa hari sebelum Conversar Arrupe, saya dikagetkan oleh sebuah notifikasi di Twitter. Katanya, Jokpin ngefollow Twitter saya. Oh my God! Piye perasaanmu yen difollow idola? :")

Pas hari H pelaksanaan Conversar Arrupe, saya deg-degan (hehe). Akhirnya Jokpin dateng juga. Yang bikin makin hepi, ternyata apa yang beliau sampaikan sangat menarik dan ngasih pelajaran berharga juga. Beliau bilang kalau jalan kepenyairan yang beliau pilih adalah jalan sunyi yang harus dihadapi, dan cuma orang-orang tangguh yang bisa melalui jalan sunyi seperti itu. Meski beliau sudah tergolong sepuh, tapi beliau sangat ngenomi, terutama dalam hal bahasa. 

Ketika acara belum mulai, saya sudah bilang ke Mas Cahyo, pokoknya nanti saya mau foto bareng sama Jokpin berdua aja, dan I did that. 

Selamat ulang tahun, Joko Pinurbo, "saudara kembar" beda 31 tahun.. Terima kasih sudah 'menyentil' dan 'mengingatkan' saya (lewat suatu puisi) bahwa "seorang bintang harus tahan banting".. Semoga njenengan sehat selalu dan terus berkarya. Tuhan yang Maha Unyu selalu memberkati njenengan, Pak! :)





Bandung, 11 Mei 2015

si bintang

6 komentar: